Donate Today! Click Here!

Tak Membeda-bedakan

PDF
Cetak
E-mail
Jumat, 01 Mei 2009 06:07

Bedah anak adalam salah satu bidang yang relatif baru berkembang di Indonesia. Bahkan di Kalimantan baru dilayani sejak tahun 2003. jumlah ahli bedah anak di Indonesia terbatas, hingga saat ini di Indonesia baru ada 38 tenaga ahli.

Kekhususan pelayanan bedah anak ditujukan pada pelayanan kelainan bawaan saluran pencernaan, saluran kencing, tumor anak-anak dan trauma anak. Kelainan bawaan bisa saja terjadi pada siapa saja tanpa memandang status sosial.
Melayani pasien dengan kelainan bawaan, baik yayasan atau pasien pribadi bagi saya pada prinsipnya bagi saya tidak ada perbedaan. Semua harus dilayani dengan baik agar tidak terjadi trauma fisik maupun psikologis pada pasien.

Pasien harus ditangani secara baik mengikuti Standar Pelayanan Operasioanal Medis (SPOM). Penderita dengan kelainan bawaan biasanya cukup rumit dan perlu penanganan yang kompplek. Secara pribadi sebagai dokter bedah anak dengan bantuan Yayasan Suaka Ananda Bpos sangat meringankan beban pasien dan pelayanan pasien lebih optimal.