Donate Today! Click Here!

Sekilas Yayasan

PDF
Cetak
E-mail
Jumat, 19 Juni 2009 02:52

YAYASAN Suaka Ananda BPos adalah sebuah yayasan yang membantu para orangtua tidak mampu yang mempunyai anak sakit, dan tidak mempunyai biaya lebih untuk berobat. Kami bertempat di Gedung Aster lantai lima RSUD Ulin Banjarmasin. 

Dari Juni 2006 sampai sekarang, sudah sekitar 161 pasien anak yang kami bantu pembiayaannya di luar tanggungan program pemerintah atau yang disebut dengan Jamkesmas. Itupun belum termasuk jumlah pasien anak yang kami bantu di daerah, seperti pada operasi massal di Kandangan dan Palangkaraya.
Program Jamkesmas yang diprogramkan pemerintah, berlaku pada rumah sakit-rumah sakit daerah, seperti halnya RSUD Ulin Banjarmasin.

Namun terkadang, ada biaya-biaya tak terduga yang harus mereka keluarkan untuk pengobatan anak-anak mereka.  Beruntung, Yayasan Suaka Ananda BPos berada dalam ruang lingkup RSUD Ulin Banjarmasin.  Sudah lumayan banyak yang mengetahui keberadaan tempat yayasan ini, dan mereka pun langsung mendatangi kami.

Dengan menunjukkan kartu Jamkesmas beserta surat-menyurat lainnya, dan terkadang teriring juga mengeluarkan air mata karena sambil bercerita mengenai kondisi kehidupannya, mereka sangat berharap untuk dapat bantuan dari yayasan ini atas biaya-biaya, alat operasi dan obat-obatan yang ditujukan kepada mereka, namun tidak ditanggung oleh program Jamkesmas.

Sesuai dengan prosedur dari yayasan, maka kami selalu membantu para pasien anak yang memang membutuhkan biaya pengobatan, pembelian alat-alat operasi serta biaya-biaya tak terduga lainnya.      Sebelum hari H operasi, mereka mendatangi yayasan lagi, kali ini kami akan memfoto pasien untuk arsip yayasan yang akan disimpan dan disatukan dengan foto setelah operasi. 

Di sana, akan terlihat bagaimana keadaan si pasien dari sebelum operasi dan sesudah operasi, di mana, pengobatannya, yayasan yang membantu.

Melihat hasil dari operasi, nampak perbedaan yang membuat kami merasa senang, dari yang ada cacat di muka, setelah operasi, tidak ada lagi cacat yang mencolok. 

Dari sakit yang dideritanya, hasil akhirnya dia bisa tersenyum dan tertawa bahagia,  Habis dari operasi yang dijalaninya di RSUD Ulin Banjarmasin, pasien telah sembuh dan dinyatakan oleh dokter yang menangani, pasien bisa pulang. 

Sebelum pulang, mereka mendatangi yayasan untuk difoto lagi dan pamit pulang, mereka pun mengucapkan terima kasih banyak karena dibantu yayasan.

Beragam macam sikap yang ditunjukkan oleh pasien dan orangtuanya untuk berterima kasih kepada yayasan yang telah membantu pengobatan mereka.  Mulai dari yang mengucapkan terima kasih banyak sambil berurai air mata lagi, sampai ada pula yang memberi buah tangan berupa buah-buahan dari kampung mereka sendiri.(*)

Syarat Pasien
+   Usia pasien maksimal 14 tahun
+   Mempunyai Kartu Jamkesmas
+   Surat rujukan dari puskesmas/rumah sakit setempat
+   Membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk)
+   Kartu Keluarga
+   Surat permohonan bantuan ke Yayasan Suaka Ananda BPos